11 Makanan Yang Baik Untuk Tulang Keropos, Ampuh loh

Gangguan kesehatan seperti tulang keropos atau osteoporosis tidak selalu identik dengan orang lanjut usia. Anda yang masih berusia muda pun sewaktu-waktu bisa mengalaminya. Pengeroposan tulang di usia muda dapat diakibatkan berbagai faktor, salah satunya asupan kalsium yang rendah. 

Kondisi ini tentu saja sangat berbahaya karena menyebabkan tulang menjadi rapuh. Jika sudah begitu, insiden sekecil apapun dapat memicu patah tulang. Ketika Anda mendengar diagnosa bahwa Anda mengalami tulang keropos, ada baiknya mengkonsumsi vitamin mengonsumsi makanan yang menyehatkan tulang.

Oleh karena itulah penting bagi Anda mengetahui makanan yang baik untuk tulang agar mencegah pengeroposan atau osteoporosis. Lantas kira-kira apa saja makanan yang baik untuk mencegah tulang keropos? Berikut ini 11 makanan yang bisa Anda masukan ke dalam menu sehari-hari demi kesehatan tulang Anda.

Makanan Yang Baik Untuk Pencegahan Tulang Keropos

  1. Sayuran Hijau

Satu mineral penting yang wajib masuk ke dalam daftar makanan yang baik untuk mencegah tulang keropos adalah makanan dengan kandungan kalsium. Kalsium memiliki peran sebagai mineral yang membantu menjaga kepadatan tulang. Lumrahnya kalsium datang dari produk olahan susu, namun Anda juga bisa memasukkan berbagai sayuran hijau ke daftar makan yang baik untuk mencegah tulang keropos.

Sayuran dapat dengan mudah Anda beli di pasar atau supermarket terdekat seperti bok choy, sawi putih, sayuran kale, sawi collard greens, dan lobak hijau. Asupan lobak hijau di ukuran satu gelas saja memiliki kandungan 200 mg kalsium. Tak lupa sayuran berwarna hijau tua juga memiliki kandungan vitamin K yang memang dapat menekan potensi terjadinya osteoporosis.

  1. Ubi Jalar

Salah satu makanan yang baik untuk tulang keropos adalah bahan makanan yang memang memiliki kandungan magnesium dan potasium. Magnesium di bawah normal dapat berpengaruh terhadap keseimbangan vitamin D. Sedangkan aspek potasium penting untuk membantu menetralisir zat asam yang dapat mengganggu kalsium di tulang Anda. 

Kedua kandungan tersebut bisa ditemukan di ubi jalar yang disebut memiliki 31 mg magnesium dan 542 potassium. Cara mengkonsumsinya dengan pun cukup mudah, yakni dengan dipanggang tanpa menambah campuran apapun (gula atau garam) untuk sekali makan.

  1. Jeruk Bali Merah

Bagi Anda yang menggemari buah rasa asam, maka jeruk bali sangat baik dikonsumsi untuk mencegah tulang keropos. Satu buah jeruk bali merah disinyalir memiliki kandungan 88 mg vitamin C alami. Di mana vitamin C di sini penting untuk membantu proses pencegahan tulang keropos. Jadi tidak ada salahnya memasukan buah dengan rasa asam ini menjadi bagian pola konsumsi keseharian Anda.

  1. Buah Tin

Buah tin atau fig termasuk ke dalam makanan yang baik untuk mencegah tulang keropos lho! Buah ini diketahui memiliki kandungan kalsium yang baik. Lima buah tin disebut memiliki 90 mg kalsium yang dilengkapi dengan potasium serta magnesium. Selain dikonsumsi dalam bentuk buah segar, Anda bisa mencarinya yang sudah dikeringkan di supermarket. Mengonsumsi setengah gelas buah tin yang sudah dikeringkan disebut memiliki kandungan 121 mg kalsium!

  1. Ikan Salmon

Ini adalah salah satu ikan yang masuk kategori berlemak dan memang memiliki nutrisi yang tepat sebagai makanan yang baik untuk mencegah tulang keropos. Daging ikan salmon mengandung vitamin D yang berhubungan dengan penyerapan kalsium di tubuh. Tak lupa ikan salmon juga memiliki asam lemak omega-3 yang juga penting untuk kesehatan tulang Anda. Aspek yang menarik dalam mengkonsumsi ikan salmon justru disarankan yang sudah dalam bentuk kalengan.

Mengapa bukan yang masih dalam bentuk ikan salmon segar? Karena pada proses pengolahan serta pengemasannya, terdapat tulang-tulang kecil ikan salmon yang ikut dalam proses pengalengannya. Sehingga tak heran bila ikan salmon kalengan masuk ke dalam makanan yang baik untuk tulang keropos, karena di dalam tiga ons ikan salmon kalengan terdapat sekitar 187 mg kalsium.

  1. Selai Almond

Roti menjadi bagian dari sarapan wajib Anda di pagi hari? Maka selai satu ini dapat menjadi bagian dari menu sehatnya. Selai kacang almond bisa Anda temukan di supermarket atau membelinya secara online. Sekitar dua sendok makan selai kacang almond diketahui memiliki kandungan 11 mg kalsium dan 240 mg potassium. Tentu saja selain itu terdapat juga nutrisi lainnya yang dapat membantu proses penguatan tulang.

  1. Susu Plant-Based

Anda yang alergi terhadap susu hewani, cobalah susu yang bersifat plant-based. Contohnya bermacam-macam, ada susu kedelai, almond, bahkan kelapa atau coconut milk. Berdasarkan jurnal US National Library of Medicine, perempuan yang mengonsumsi susu kedelai sehari sekali atau lebih diketahui menurunkan 56% potensi osteoporosis. Kemudian di riset lainnya juga mengungkapkan bahwa susu kedelai mengandung fitoestrogen non-steroid yang mampu memberikan efek perlindungan terhadap tulang keropos akibat faktor usia.

  1. Tahu

Makan rakyat ini memiliki manfaat yang baik untuk tulang. Sekitar 100 gram tahu memiliki kandungan kalsium sebanyak 350 mg. Ada juga tahu yang sudah diperkaya dengan tambahan kalsium. Dalam setengah gelasnya memiliki 861 mg kalsium! Selain itu bagi kaum Hawa, tahu juga memiliki kandungan isoflavon yang dapat membantu menangkal gangguan tulang pada perempuan usai terkena menopause.

  1. Jus Jeruk

Seperti jeruk bali merah, jus jeruk juga kaya akan vitamin C alami. Bila Anda menyukai jus jeruk atau orange juice kemasan, Anda bisa mengecek kemasannya dan carilah yang memiliki label fortified calcium. Sejumlah brand di supermarket, khususnya yang menawarkan produk impor, memiliki jus jeruk yang sudah diperkaya dengan kandungan kalsium.

  1. Plum Kering

Berdasarkan sebuah riset, mengkonsumsi plum kering direkomendasikan untuk menjaga kesehatan tulang, khususnya di kondisi tulang keropos. Plum kering diketahui memiliki kandungan kalsium dan vitamin D. Di mana per 100 gram plum kering diperkirakan ada sekitar 43 mg kalsium alami.

  1. Madu

Berdasarkan riset yang dipublikasikan Universitas Airlangga di tahun 2019, madu lebah jenis Apis dorsata disebut berpotensi menjadi obat anti-osteoporosis. Madu disebut memiliki kandungan α-Cyclodextrin yang memiliki efek prebiotik dalam menurunkan aktivitas penyerapan jaringan tulang, di mana konsumsi madu dengan takaran 2g/kg berat badan dapat mencegah penurunan densitas tulang serta meningkatkan kekuatan tulang.

Itulah beberapa pilihan makanan yang baik untuk tulang keropos. Jika anda ingin menjaga kesehatan tulang anda dengan mencukupi kebutuhan kalsium anda tiap hari, maka anda dapat dengan mudah konsumsi Entrasol Gold.

Entrasol Gold adalah susu kalsium tinggi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium Anda. Selain mengandung kalsium, Entrasol Gold juga mengandung vitamin D yang membantu penyerapan kalsium.

Entrasol Gold juga dilengkapi dengan ekstrak buah zaitun serta omega 3&6 yang bagus untuk kesehatan jantung, tinggi serat baik untuk kesehatan pencernaan, vitamin & mineral serta tanpa penambahan gula. Entrasol Gold juga tersedia dalam dua rasa yang lezat, yaitu coklat dan vanilla. Konsumsi Entrasol Gold dua kali sehari untuk jaga kekuatan tulang dan jantung Anda.