7 Cara Tepat Menjaga Kesehatan Yang Baik Untuk Orang Tua

Rambut memutih, mudah lelah, kesulitan untuk bergerak, hingga kulit yang keriput menjadi indikator utama seseorang mulai menginjak fase lanjut usia alias lansia. Walau muncul indikasi seperti ini bukan berarti Anda tidak bisa bahagia serta sehat. Anda bisa mendapatkannya dengan meningkatkan kualitas hidup. 

Maksud dari meningkatkan kualitas hidup adalah menjaga fisik serta mental. Rahasianya yakni dengan menjalani pola hidup sehat seperti olahraga dan mengonsumi makanan yang sehat. Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak paparan cara menjaga kesehatan yang baik untuk lansia di bawah ini.

Cara Menjaga Kesehatan Yang Baik Untuk Orang Tua

1. Terus Aktif Bergerak

Bertambahnya usia bukan berarti harus mengurangi aktivitas. Hidup aktif juga menjadi kunci terhadap kesehatan fisik serta mental di usia paruh baya. Olahraga yang teratur berpengaruh terhadap kekuatan dan keseimbangan Anda, mendorong Anda terus bergerak, menjaga suasana hati dari potensi gangguan kecemasan serta depresi, dan mendorong fungsi kognitif di tubuh Anda menjadi lebih baik.

Tak lupa juga, hidup aktif dapat mengantisipasi ancaman penyakit seperti diabetes, jantung, darah tinggi, kanker, obesitas dan momok para lansia, yaitu osteoporosis. Lantas olahraga apa yang bisa dilakukan? Pada dasarnya semua jenis olahraga bisa dilakukan asal rutin setiap hari namun sesuaikan dengan kemampuan tubuh, apalagi jika usia sudah lebih dari 50 tahun disarankan untuk olahraga yang low impact, contoh nya berenang ataupun jalan cepat. Contohnya adalah berenang dan jalan cepat sebanyak 150 menit setiap minggunya. Untuk semakin mendorong kesehatan fisik, Anda juga bisa menambah aktivitas penguatan otot sekitar dua kali seminggu seperti yoga ataupun menggunakan resistance band.

2. Bergabung dalam komunitas

Selain fisik, cara menjaga kesehatan yang baik untuk lansia juga harus mencakup aspek kesehatan jiwa atau mental. Salah satu caranya adalah memastikan Anda tetap Bergabung dengan komunitas. Bahkan riset yang dilakukan pada Januari 2019 dengan peserta di atas usia 65 tahun mengungkapkan bahwa mereka yang memiliki aktivitas sosial tinggi menunjukkan suasana hati yang baik dengan tingkat aktivitas yang tinggi.

3. Jaga Pola Makan

Menginjak usia senja setiap makanan serta minuman yang masuk ke tubuh Anda sangat berpengaruh terhadap keadaan kesehatan. Apalagi ditambah saluran pencernaan yang melambat dan tidak berkontraksi seperti ketika Anda muda dulu. Terdapat sejumlah makanan yang bisa Anda catat sebagai rekomendasi yang sesuai dengan pola makan gizi seimbang. Pastikan setiap kali makan mengandung karbohidrat, protein, lemak baik, dan serat. . Misalnya adalah:

• Buah dan sayuran.

• Asupan protein tanpa lemak (bisa dari ikan atau kacang-kacangan).

• Sereal gandum, roti, atau nasi yang cukup sekitar 3 ons per harinya.

• Tiga gelas atau porsi susu dan yogurt rendah lemak atau keju yang memang memiliki keterangan difortifikasi dengan vitamin D.

• Pastikan kandungan garam di makanan Anda seminimal mungkin.

4. Hindari Rokok

Bagi Anda yang sudah mulai menginjak lansia dan masih memiliki kebiasaan merokok, maka sudah saatnya untuk menghentikannya. Selain berpengaruh terhadap kesehatan paru-paru, kebiasaan merokok juga memiliki dampak negatif pada kolesterol, tekanan darah, serta detak jantung Anda. Dengan menghindarinya, Anda dapat menekan potensi ancaman kanker serta diabetes dan memiliki sistem imun yang lebih baik dengan tulang serta otot yang lebih kuat.

5. Cukup Air Putih

Air memegang peranan penting bagi tubuh. Oleh karena itu pastikan Anda mencukupi kebutuhan air setiap harinya.Direkomendasikan 2 liter atau 8 gelas Berdasarkan riset minum air putih yang cukup dapat membuat kulit terlihat lebih sehat. Terkait berapa jumlah konsumsi air putih yang tepat, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter.

6. Jangan Lupa Check-up

Demi memastikan kondisi fisik Anda, jangan lupa melakukan check-up rutin ke dokter. Anda bisa menceritakan keluhan fisik yang muncul secara dini. Pemeriksaan ini untuk mengantisipasi ancaman penyakit degeneratif  yang akan terjadi seiring bertambahnya usia. Selain itu check-up rutin ke dokter juga bisa memastikan pola hidup sehat yang sesuai dengan usia Anda.

nutrisi penting yang harus dikonsumsi oleh orang tua saat bertambahnya usia adalah protein dan atioksidan.

Protein berperan penting untuk menjaga massa otot dan daya tahan tubuh serta antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang dapa mempercepat proses penuaan.

Entrasol Platinum, Nutrisi Tinggi Protein dengan Ekstrak Buah Zaitun. Ekstrak buah Zaitun mampu menangkal radikal bebas 4x lebih kuat dibandingkan Vitamin C, menjaga kesehatan jantung dan kelancaran peredaran darah.

Nutrisi tinggi protein dapat membantu menjaga massa otot dan daya tahan tubuh. Selain itu, Entrasol Platinum juga dilengkapi dengan Profit Advance Formula yaitu omega 3&6, rendah laktosa sehingga nyaman diperut, 11 vitamin 8 Mineral (tinggi vitamin C,E, dan Zinc) serta lebih rendah gula.

Agar manfaat yang dirasakan maksimal, minumlah Entrasol Platinum dua kali sehari.Entrasol Platinum tersedia dalam varian rasa vanilla dan cokelat yang enak. Ukuran tersedia 400&800gr. Anda bisa membelinya di minimarket atau toko terdekat lainnya. 

Entrasol Platinum, nutrisi bantu tubuh tetap aktif & produktif! #ByeByeFaktorU