8 Makanan Yang Tidak Disadari Mengandung Glukosa / Gula Tinggi

Glukosa merupakan kandungan dalam makanan yang berfungsi sebagai sumber energi utama bagi makhluk hidup, termasuk manusia. Namun, kandungan glukosa rupanya membawa dampak buruk pada kesehatan dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Maka dari itu, perlu diperhatikan dengan baik makanan apa saja yang mengandung glukosa dalam kadar yang tinggi. 

Glukosa umumnya dapat ditemukan dalam berbagai makanan yang mengandung gula, terlebih pemanis buatan. Bahkan beberapa makanan sehat juga cukup banyak memiliki kandungan glukosa tinggi. Jika tidak cermat dalam memilih, hal ini dapat membahayakan kesehatan diri sendiri. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan kandungan glukosa pada makanan yang Anda konsumsi. 

Jika Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan glukosa tinggi, bisa jadi kadar gula darah akan meningkat sehingga membuat tubuh lebih rentan mengalami masalah obesitas, penyakit jantung, diabetes tipe 2 bahkan hingga kanker. Meski Anda merasa tidak mengonsumsi makanan dengan tambahan gula pasir, bukan berarti konsumsi glukosa Anda aman. Sebab, tanpa sadar Anda kemungkinan menjumpai berbagai makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Apa saja makanan yang mengandung glukosa tinggi? Berikut ulasannya.

8 Makanan yang Mengandung Glukosa Tinggi

1. Selai

Penambah rasa yang biasa digunakan pada roti ini rupanya memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Meski umumnya terbuat dari buah-buahan, selai juga mengandung gula tambahan yang berfungsi untuk memperkuat rasa dan membuat produk jadi lebih tahan lama. 

2. Sereal

Makanan yang banyak dikonsumsi khususnya saat sarapan ini juga menyimpan kandungan glukosa yang tinggi. Biasanya, kandungan gula tambahan dalam sereal berada di kisaran 12 gram atau 3 sendok teh. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memilih sereal dengan kandungan serat tinggi dan tanpa pemanis tambahan.

3. Yoghurt 

Meski dikenal sebagai makanan sehat, yoghurt juga termasuk ke dalam salah satu makanan yang mengandung gula dalam kadar yang cukup tinggi. Untuk menghindari konsumsi gula tambahan saat menikmati yoghurt, sebaiknya Anda memilih plain yogurt yang tidak mengandung pemanis tambahan sama sekali.

4. Granola

Granola dipercaya sebagai makanan menyehatkan yang rendah lemak. Namun, granola juga menyimpan kandungan gula yang tinggi. Adanya penambahan pemanis buatan, buah kering, dan bahan lainnya dalam proses pembuatan produk granola membuatnya menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan gula tinggi. Bagi Anda penggemar granola, penting untuk mengontrol konsumsi granola setiap harinya untuk menghindari konsumsi gula berlebih.

5. Salad dressing

Meski salad dikenal sebagai makanan yang menyehatkan, namun Anda tetap perlu berhati-hati saat mengonsumsi salad. Pasalnya, salad yang ditambah dengan dressing bisa jadi pemicu adanya kandungan gula berlebih dalam tubuh. Kandungan gula tinggi dalam salad dressing umumnya berasal dari mayonaise atau parutan keju yang berlebihan. Agar salad yang Anda konsumsi lebih sehat, mengganti salad dressing kemasan dengan minyak wijen, mustard, atau perasan lemon bisa jadi alternatif yang tepat.

6. Buah kaleng

Buah-buahan yang dikemas dalam produk buah kaleng biasanya mengandung kadar gula yang sangat tinggi karena proses pengolahannya. Ditambah lagi, adanya air yang mengandung sirup atau pemanis tambahan dalam kemasan ini juga mengandung jumlah gula yang tinggi. Maka dari itu Anda perlu menghindari buah kaleng dan memilih buah segar sebagai gantinya.

7. Protein bar

Makanan satu ini cukup terkenal karena diklaim sebagai snack sehat dan mengenyangkan. Namun jangan salah, makanan ini ternyata juga mengandung tambahan gula yang tinggi. Maka dari itu, Anda perlu memeriksa terlebih dulu label komposisi dan kandungan nutrisinya untuk memastikan total kandungan gula dalam produk.

8. Buah Kering

Karena proses pengolahannya yang cukup kompleks, produk buah kering memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Tak jarang pula ditemukan buah kering dengan tambahan gula yang lebih banyak agar lebih awet. Untuk itu, Anda perlu mengurangi bahkan menghindari konsumsi buah kering dan menggantinya dengan buah-buahan segar.

Itu dia sederet makanan yang tidak disadari mengandung glukosa tinggi yang perlu Anda hindari. Untuk menyeimbangkan asupan gizi dan nutrisi, termasuk glukosa dalam tubuh, Anda dapat mengonsumsi Entrasol Active setiap hari. Dengan Entrasol Active, seluruh kebutuhan nutrisi dan gizi harian Anda akan terpenuhi dengan mudah. Dengan begitu, tubuh Anda terasa lebih sehat dan fit tanpa perlu repot konsumsi bermacam makanan tambahan.