9 Minuman Yang Sehat Bagus Dan Baik Untuk Diminum Oleh Orang Tua

Mengalami kesulitan mengunyah atau menelan makanan menjadi masalah yang umum dijumpai pada lansia. Hal ini dapat disebabkan adanya penurunan kemampuan untuk mengonsumsi makanan, seperti adanya gangguan kognitif pada bagian otak atau terjadi penurunan kemampuan saraf pengecap, yang membuat lansia sulit merasakan dan membedakan makanan yang disantapnya.
 
Meski demikian, masalah kesulitan makan perlu diatasi sesegera mungkin, agar asupan nutrisi harian lansia dapat dipenuhi dengan baik. Selain itu kalian juga bisa memeriksan orang tua ke dokter untuk lebih baiknya

Salah satu solusi yang bisa diambil adalah dengan mengonsumsi minuman sehat. Sebab, minuman sehat bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga asupan nutrisi dan menjaga kesehatan lansia. Berikut ini sederet minuman yang sehat untuk diminum oleh lansia yang dapat Anda jadikan referensi untuk memberikan asupan nutrisi tambahan bagi orang tua Anda.

Minuman Yang Sehat Dan Baik Untuk Orang Tua

1. Teh Jahe


Dikenal sebagai bahan alami yang sangat baik untuk mengatasi masalah perut, jahe dapat diolah menjadi minuman sehat yang bermanfaat bagi orang tua Anda. Minuman sehat yang dapat Anda buat dari jahe adalah teh jahe hangat yang dicampur dengan madu. Minuman ini bisa dinikmati saat pagi hari atau saat merasa tubuh kurang fit.

2. Jus Kranberi


Diperkaya dengan kandungan antioksidan yang tinggi membuat jus kranberi menjadi salah satu minuman yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh manula. Sebab, jus kranberi dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular dan beberapa jenis kanker, bahkan menjaga saluran kemih agar tetap sehat. Hindari penggunaan gula tambahan pada olahan jus kranberi agar terhindar dari konsumsi gula berlebihan yang berdampak buruk bagi kesehatan lansia.

3. Jus Bit


Bit dikenal sebagai buah yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan stamina dan meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga dapat memperlambat perkembangan demensia. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, minuman ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung, peradangan, dan jenis kanker tertentu. Jus bit juga kaya akan nitrat anorganik, yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung, khususnya pada lansia.

4. Jus Buah Naga


Minuman yang terbuat dari buah naga ini bisa membantu menjaga sistem pencernaan lansia. Hal ini karena jus buah naga bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Minuman ini diperkaya dengan kandungan nutrisi yang melimpah, mulai dari vitamin C, beta karoten, kalsium, karbohidrat, hingga serat yang berfungsi untuk mengurangi risiko kanker, rematik, dan tumor.

5. Jus Tomat


Diperkaya dengan kandungan vitamin C, vitamin B, kalium, serta antioksidan kuat dari dalam tomat, minuman ini bermanfaat untuk mendukung penyerapan zat besi dan meningkatkan kesehatan kulit serta kekebalan tubuh. Minuman ini juga merupakan sumber likopen, karotenoid, dan antioksidan yang berfungsi untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke serta mengurangi peradangan pada lansia. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu sering mengonsumsi minuman ini karena mineral yang dikandungnya dapat mempengaruhi tekanan darah pada lansia.

6. Jus Delima


Buah yang banyak dikenal dengan sebutan pomegranate ini mengandung antioksidan yang tinggi. Dengan kandungan tersebut, minuman sehat satu ini dipercaya dapat membantu mencegah peradangan, penyakit jantung, dan kanker. Minuman ini dapat dikonsumsi secara rutin setiap hari.

7. Teh Hijau


Teh hijau diakui sebagai salah satu minuman terbaik yang bermanfaat untuk mencegah kanker. Tak hanya itu, minuman sehat ini juga dapat meningkatkan fungsi arteri, sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular secara optimal.

8. Jus bayam


Sayuran satu ini dikenal mempunyai banyak kandungan vitamin dan mineral penting untuk kesehatan, khususnya pada lansia. Bayam mengandung Vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K serta mineral penting seperti zat besi, magnesium, potassium, asam folat, sodium, kalium dan potassium. Kandungan vitamin yang ada dalam jus bayam tersebut sangat penting untuk kesehatan organ tubuh lansia. Selain dapat membantu menyehatkan tubuh secara menyeluruh, jus bayam juga dapat mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah dan hemoglobin, berkat zat besi yang melengkapi kandungan bayam.

9. Susu Rendah Lemak


Sejak kecil, susu menjadi minuman sehat yang perlu dikonsumsi secara rutin. Saat dewasa bahkan lansia, rupanya susu juga masih menjadi minuman penting yang perlu dikonsumsi. Bedanya, susu khusus lansia memiliki lemak yang rendah karena mengandung jauh lebih sedikit endah laktosa dan rendah gula, dibuat rendah laktosa untuk para orang tua yg tidak bisa minum susu loh karena kandungan lactose intoleren yang lebih besar susu murni. Untuk itu, susu rendah laktosa dapat dikonsumsi sebagai penambah asupan nutrisi harian khususnya bagi lansia. 

Sederet minuman yang sehat untuk lansia di atas dapat Anda jadikan sebagai variasi untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari. Sebagai pendamping makanan dan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian, Anda dapat memilih susu Entrasol Platinum yang mengandung Ekstrak buah zaitun, tinggi protein, vitamin D, omega 3 & 6, serat, dan kalsium. Entrasol Platinum juga diformulasikan secara khusus sehingga rendah laktosa, sehingga nyaman di perut bagi orang tua yang tidak biasa konsumsi susu
Anda juga dapat memilih varian rasa yang tersedia sesuai selera Anda, yaitu varian rasa vanilla dan coklat yang nikmat. Entrasol Platinum,Nutrisi Tinggi Protein dengan Ekstrak Buah Zaitun bantu jaga massa otot dan kesehatan jantung Anda!