Apa Guna Vitamin D? Manfaat dan Kegunaannya Untuk Tubuh

Apa gunanya vitamin D menjadi pertanyaan yang kerap ditanyakan masyarakat. Terlebih selama masa pandemi Covid-19, vitamin D memiliki peran penting dalam membangun metabolisme tubuh untuk melawan infeksi penyakit. Sebenarnya ada berbagai macam vitamin yang tersedia di dunia ini, namun dalam artikel kali ini akan fokus membahas manfaat vitamin D.

Apa Itu Vitamin D?

Vitamin D merupakan jenis vitamin yang dapat larut dalam lemak sehingga bisa disimpan dalam tubuh untuk waktu yang lama. Vitamin D terbagi menjadi berbagai macam jenis, di antaranya adalah vitamin D2 yang berasal dari tumbuhan dan vitamin D3 yang berasal dari produk hewani seperti ikan dan telur bahkan sinar matahari. 

Perlu diketahui juga bahwa tubuh sebenarnya bisa membentuk sendiri vitamin D. Caranya cukup mudah, yakni hanya berjemur di bawah sinar matahari secara langsung di pagi hari dan sore hari. Namun berjemur di bawah sinar matahari perlu memperhatikan waktu yang tepat.

Apa Gunanya Vitamin D?

Vitamin D memiliki segudang manfaat bagi tubuh manusia. Oleh sebab itu kamu wajib menjaga tubuhmu jangan sampai kekurangan vitamin D. Caranya dengan mengonsumsi makanan tinggi vitamin D atau suplemen yang bisa mencukupi kebutuhan vitamin harian.

  1. Memelihara Kesehatan Tulang dan Gigi

Vitamin D memiliki dampak yang besar bagi kesehatan tulang dan gigi. Salah satunya adalah mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang sehingga tidak mudah patah. Jika dikonsumsi pada bayi, maka akan membantu perkembangan dan pembentukan tulang yang lebih sehat dan kuat.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Faktanya vitamin D ini juga bermanfaat untuk menjaga sistem imun dan kekebalan tubuh dari penyakit. Hal itu sudah terbukti efektif, bahkan pemerintah pun menyertakan vitamin D dalam obat terapi bagi pasien yang terinfeksi Covid-19.

  1. Mengatasi Depresi

Siapa sangka vitamin D juga memiliki kemampuan untuk mengatasi depresi. Dalam salah satu penelitian, penderita depresi diberikan vitamin D sebagai salah satu obat terapinya. Terbukti vitamin D dapat memberikan perbaikan pada gejala depresi. 

Bahkan salah satu studi di Universitas Cambridge menunjukkan seseorang dengan defisiensi vitamin D (kekurangan vitamin D) memiliki tingkat kecemasan dan depresi yang lebih tinggi.

  1. Dapat Mencegah Risiko Kanker

Vitamin D memiliki sifat karsinogenik yang dapat memperlambat perkembangan sel kanker, dan merangsang kematian sel kanker dan tumor. Oleh sebab itu jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D.

Apa yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan dan Kelebihan Vitamin D?

Setelah mengetahui apa gunanya vitamin D, maka hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah efek samping dari kelebihan dan kekurangan vitamin D pada tubuh. Alhasil sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahli gizi untuk menentukan rekomendasi asupan vitamin D untuk tubuhmu.

Pada umumnya orang normal membutuhkan asupan vitamin D hingga 600 IU per harinya, sementara lanjut usia (Lansia) membutuhkan vitamin D mencapai 800 IU per harinya. Namun ini hanyalah perkiraan semata, seseorang yang sedang mengalami defisiensi vitamin D maka akan memerlukan lebih banyak asupan harian.

Berikut dampak kekurangan dan kelebihan vitamin D pada tubuh:

  1. Masalah tulang dan gigi
  2. Mudah merasa lelah
  3. Jika dalam kondisi hamil, maka dapat menimbulkan risiko kelainan tulang pada janin. 
  4. Melunaknya tulang pada ibu hamil

Makanan yang Mengandung Vitamin D

  1. Kuning Telur

Telur menjadi salah satu sumber vitamin D yang sangat mudah dicari. Satu butir kuning telur memiliki kandungan vitamin D 40 IU. Namun, kandungan kadar vitamin D tidak selalu menentu, semuanya tergantung pada pakan dan treatment yang diberikan kepada ayam itu sendiri. 

  1. Susu Sapi

Selain kalsium, susu juga terkenal akan kandungan vitamin D yang ada di dalamnya. Susu sapi asli hanya mengandung sekira 1 IU vitamin D per 100 gramnya. Namun, saat ini susu sapi telah difortifikasi sehingga mengandung hingga 150 IU per gelas.

  1. Jamur

Jamur memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi. dalam 100 gram jamur memiliki kandungan vitamin D lebih dari 2.000 IU. Fakta menariknya adalah jamur liar memiliki kandungan vitamin D yang lebih bagus ketimbang jamur yang dibudidayakan.

  1. Tahu

Makanan kesukaan orang Indonesia ini ternyata memiliki kandungan vitamin D yang sangat tinggi. Dalam 100 gram tahu sutera bisa mengandung hingga 700 IU vitamin D. Artinya makan tahu sebanyak 100 gram setiap hari, maka sudah mencukupi kebutuhan asupan vitamin D harian.

  1. Berbagai Jenis Ikan (H3)

Ikan adalah makanan yang kaya akan sumber vitamin D. Kandungan vitamin D ditentukan dari jenis ikan itu sendiri. 100 gram ikan salmon mengandung 500 IU vitamin D. Setengah fillet ikan makarel mengandung 360 IU vitamin D. Sementara 100 gram ikan tuna mengandung 260 IU vitamin K. Yang tertinggi adalah 100 gram daging ikan marlin (swordfish) memiliki kandungan sekira 660 IU vitamin D.

Itulah tadi penjelasan tentang apa guna vitamin D bagi tubuh manusia. Bagi Anda yang khawatir asupan kalsium kurang dan membutuhkan sumber nutrisi berkalsium tinggi untuk memastikan agar tubuh tidak kekurangan kalsium. Tenang saja, Anda bisa mendapatkannya secara mudah dengan mengkonsumsi Entrasol Gold tiap hari. 

Kandungan nutrisi tinggi kalsium dan Vit D di dalamnya membantu Anda untuk meningkatkan kepadatan tulang dan gigi sehingga dapat menjalani hari-hari dengan lancar tanpa takut kekurangan kalsium. Dengan ekstrak buah zaitun untuk bantu jaga kesehatan jantung serta tambahan Pro-Fit Formula yang mengandung Omega 3 dan Omega 6 yang dilengkapi dengan berbagai vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh Anda.