Cara Menguji Kesehatan Jantung Anda, Sehat Atau Tidaknya

Jantung merupakan organ vital di dalam tubuh Anda yang memiliki fungsi utama untuk memompa darah melalui pembuluh darah. Di mana darah yang dipompa dalam sistem peredaran darah tersebut turut membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh Anda sekaligus membawa limbah hasil metabolisme ke paru-paru. Melihat pentingnya fungsi dari jantung, tentu saja penting untuk Anda memastikan kesehatannya, mengingat kondisi organ vital ini juga berhubungan dengan kesehatan Anda secara keseluruhan. Dari sinilah mengapa perlunya Anda menguji kesehatan dari organ di dalam tubuh Anda tersebut.

Salah satu penyebab utama mengapa Anda perlu mengetahui sehat atau tidaknya jantung di dalam tubuh Anda adalah mengantisipasi potensi ancaman penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner hingga stroke. Apalagi Anda tak bisa menganggap remeh ancaman tersebut, mengingat berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, penyakit kardiovaskular disinyalir merengut 17,9 juta nyawa per tahunnya secara global.

Cara menguji kesehatan jantung Anda yang paling akurat biasanya dilakukan dengan Anda mengunjungi ke rumah sakit atau tempat praktek dokter. Pada umumnya dokter akan melakukan pengecekan terhadap detak jantung Anda, tekanan darah, hingga bila ingin menguji lebih akurat lagi, dokter juga bisa meminta untuk melakukan cek darah. Tapi bagaimana bila Anda ingin mengujinya sendiri di rumah? Bisakah? Jawabannya ‘ya” bisa dan berikut ini tiga cara untuk menguji kesehatan jantung di rumah.

Cara Menguji Kesehatan Jantung 

Naik Tangga

Ini merupakan salah satu metode yang paling mudah untuk dilakukan di rumah atau di tempat kerja Anda untuk mengecek indikasi kesehatan jantung Anda. Berdasarkan studi yang dilakukan European Society of Cardiology, jika Anda mampu menaiki empat anak tangga dalam waktu kurang dari satu menit maka kesehatan jantung Anda masih dalam kategori baik.

Menurut penulis dari studi ini yang berasal dari University Hospital A Coruna di Spanyol, Dr. Jesus Peteiro, pengujian ini pada dasarnya dilakukan demi menemukan metode sederhana dan murah untuk menilai kesehatan jantung pasien. Dr. Jesus menambahkan, jika saat menaiki empat anak tangga Anda membutuhkan waktu lebih dari satu setengah menit, maka ini sudah menjadi tanda bahwa Anda wajib mengunjungi dokter untuk melihat kondisi kesehatan Anda secara lebih detail.

Olahraga Aerobik

Olahraga merupakan cara demi memastikan kesehatan Anda terjaga dan ternyata olahraga aerobik juga bisa menjadi indikasi untuk melihat apakah jantung Anda sehat atau tidak. Walau tidak sedetail tes naik tangga yang memang menjadi bagian dari studi di Eropa, olahraga aerobik tetap bisa menjadi indikator sederhana yang bisa Anda manfaatkan. Di mana caranya adalah ketika Anda tengah latihan aerobik ringan mendadak Anda kesulitan bernapas, ini dapat menjadi sinyal mengenai kondisi jantung Anda yang kurang fit. Kondisi lainnya bisa terlihat dengan Anda berolahraga aerobik dalam waktu singkat dan Anda langsung merasa sangat kelelahan maka ini juga bisa menjadi tanda bahwa terdapat indikasi kurangnya oksigen di darah yang mengalir ke otot di tubuh Anda.

Gunakan Alat Monitor Detak Jantung

Saat ini sudah banyak beredar gawai atau alat elektronik yang Anda gunakan di lengan untuk memonitor detak jantung melalui denyut nadi. Dengan alat ini, Anda langsung bisa menguji kesehatan jantung dengan memeriksa angka detak jantung yang muncul di gawai tersebut.  

Bahkan alat ini juga dapat melihat tekanan darah Anda atau BP (Blood Pressure) secara langsung. Idealnya pada orang dewasa, detak jantung ketika Anda tidak melakukan aktivitas adalah di angka 60-100 bpm. Sedangkan untuk tekanan darah atau BP, Anda harus memastikan berada di bawah 130/80 demi mengantisipasi potensi terjadinya hipertensi Selain itu untuk kalian yang ingin cek jantung kalian bisa cek Jantung di Entrasol.


Dengan dua gelas Entrasol Platinum  yang mengandung kebaikan ekstrak buah zaitun, asupan antioksidan harian Anda akan terpenuhi dengan baik. Jika asupan antioksidan terpenuhi dengan baik radikal bebas yang dapat memicu penyakit jantung akan dinetralisir secara optimal. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit jantung yang berbahaya. Entrasol Platinum juga dilengkapi dengan tinggi protein (12gr/saji), tinggi serat, omega 3&6, rendah laktosa,serta lebih rendah gula.