Daftar Makanan yang Harus Dihindari Saat Sakit Pinggang

Sakit pinggang merupakan fenomena yang banyak dialami setiap orang. Masalah ini biasanya timbul di usia 30-50 tahun. Kondisi ini bisa dikatakan alami karena seiring bertambah usia, maka terdapat pengurangan kandungan cairan di antara vertebra yang berada di tulang belakang. Sakit pinggang juga bisa dipicu berbagai penyakit, dari mulai dari cedera akibat mengangkat beban berat hingga yang kronis seperti infeksi di ginjal yang bisa saja dipicu oleh batu ginjal.

Apapun penyebab sakit pinggang yang Anda rasakan, ada baiknya bila merasa sudah tidak nyaman dan sangat mengganggu aktivitas maka sudah saatnya memeriksakan ke dokter. Akan tetapi pada dasarnya efek sakit pinggang  bisa dikurangi dengan mengikuti pola hidup yang sehat. Caranya, yakni dengan menghindari sejumlah makanan yang dapat memicu atau menambah rasa nyeri. Apa saja yang makanan yang perlu dihindari? Berikut ini beberapa di antaranya:

Makanan yang Harus Dihindari Ketika Sedang Sakit Pinggang

1. Makanan Manis

Bila Anda merasakan sakit pinggang maka usahakan hindari makanan yang kaya akan kandungan gula alias manis. Makanan manis disebut dapat memicu inflamasi atau peradangan dalam tubuh. Makanan manis juga dapat memicu kenaikan berat badan. Bobot badan yang meningkat dapat semakin memicu nyeri yang justru dapat memperparah kondisi sakit pinggang. Selain itu hindari juga produk pemanis buatan karena kandungan dalam produk ini juga disebut dapat memicu peradangan di dalam tubuh.

2. Minyak Sayur

Minyak goreng atau minyak sayur disinyalir memiliki kandungan asam lemak omega 6 yang tinggi dan bila kadar asam lemak omega 3 lebih sedikit dari omega 6 maka kondisi ini dapat menyebabkan peradangan di dalam tubuh. Jadi bila Anda mengalami sakit pinggang, lebih baik hindari makanan yang diolah dengan banyak minyak goreng, seperti gorengan. Atau bisa juga Anda mulai mengobah pola masak dengan menggunakan minyak zaitun yang dipandang jauh lebih sehat dibandingkan minyak sayur.

3. Produk Refined Grain

Mungkin di antara Anda ada yang asing dengan istilah refined grain. Produk refined grain merupakan biji-bijian yang melewati proses pengolahan, misalnya dihilangkan cangkangnya. Contoh produk refined grain adalah beras putih, tepung terigu, roti tawar, biskuit, dan masih banyak lagi. Makanan dari refined grain dapat memicu terjadinya lonjakan insulin dalam tubuh yang bisa menyebabkan terjadinya peradangan.

Bagi Anda yang mengalami sakit pinggang, ada baiknya mengonsumsi produk biji-bijian yang bersifat whole grain (biji utuh) yang seluruh bagiannya (cangkang) dapat dikonsumsi. Contohnya adalah berupa gandum, beras, sorgum, quinoa, bahkan popcorn. Seluruh bagian dari biji-bijian ini bermanfaat bagi kesehatan karena kaya akan zat gizi yang diperlukan tubuh seperti serat, vitamin B kompleks, antioksidan, zat besi, tembaga, kalium, selenium, dan magnesium.

4. Daging Merah

Daging merupakan sumber protein yang menjadi favorit banyak orang. Namun, bila Anda mengalami sakit pinggang makanan ini harus dihindari. Jenis daging yang dimaksud adalah daging merah seperti sapi, kerbau, domba, kambing, babi, dan daging kuda. Alasan mengapa jenis daging ini harus dihindari karena mengandung zat N-Glycolic neuraminic acid atau neu5gc yang terkandung di dalamnya. Zat tersebut dapat mendorong terjadinya inflamasi di dalam tubuh.

5. Makanan Berbahan Kimia

Untuk makanan terakhir yang harus Anda hindari ketika sakit pinggang adalah makanan dengan kandungan bahan kimia. Bahan kimia yang dimaksud adalah MSG, pewarna buatan, sodium nitrat (sosis serta daging ham), sirup fruktosa, sodium benzoat (minuman berkarbonasi, mayones salad), perisa buatan, dan lainnya. Makanan berbahan kimia juga disebut dapat menyebabkan munculnya peradangan dan semakin membuat nyeri sakit pinggang yang Anda alami.

Untuk menghindari sakit pinggang sejak dini, sebaiknya perbanyak konsumsi nutrisi yang baik bagi tulang seperti kalsium.

Anda membutuhkan asupan kalsium dan vitamin D untuk mendukung kebugaran tubuh agar terhindari dari sakit pinggang. Entrasol Gold dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda karena mengandung kalsium tinggi, ekstrak buah zaitun untuk menjaga kesehatan jantung, serta Pro-Fit Formula (tinggi serat, oemga 3&6, tanpa penambahan gula)

Minum Entrasol Gold dua kali sehari sebagai asupan kalsium dan nutrisi tambahan Anda!