Daftar Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit paling berbahaya di dunia dan ini bisa terlihat dari data. Di tahun 2020 saja, terhitung ada hampir 10 juta orang yang meninggal dunia akibat penyakit tersebut. Di Indonesia sendiri, Kementerian Kesehatan RI di tahun 2018 mencatat ada sekitar 1,5 persen dari total populasi yang mengidap penyakit jantung. Di mana wilayah dengan tingkat prevalensi tertinggi berada di Kalimantan Utara, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Gorontalo. 

Penyakit jantung koroner biasanya terjadi ketika pembuluh darah utama di jantung Anda mengalami kerusakan atau terkena penyakit. Pada umumnya pemicunya diakibatkan arteri yang menyempit akibat penumpukan timbunan lemak. Sayangnya penyakit jantung masih belum ada obat dan hanya bisa dikendalikan dengan terapi serta memastikan tidak mengonsumsi pantangan makanan penyakit jantung dalam rangka meningkatkan kualitas hidup pengidapnya. Berikut ini daftar pantangan makanan yang harus dihindari oleh pengidap penyakit jantung.

Pantangan Makanan Penyakit Jantung

1.    Daging Merah

Bagi orang yang memiliki penyakit jantung maka hindarilah makanan yang terbuat dari daging merah seperti dari sapi, kambing, dan babi. Mengingat daging jenis ini meningkatkan risiko penyakit jantung  karena tinggi akan lemak jenuh yang mampu mendorong kolesterol di tubuh Anda meningkat tajam. Jika protein dari daging merah menjadi favorit Anda maka bagi yang mengidap jantung lebih baik menghindarinya dan bila memang sangat ingin maka pastikan konsumsi jenis daging giling tanpa lemak.

2.    Garam

Makanan dengan kandungan banyak garam menjadi salah satu yang diwajibkan untuk dihindari bagi orang yang memiliki penyakit jantung. Mengonsumsi terlalu banyak garam alias sodium dapat memicu komplikasi bagi yang memiliki gagal jantung dan memicu tekanan darah meninggi. Selain itu mayoritas makanan yang tinggi akan sodium biasanya juga kaya akan lemak dan kalori sehingga juga memicu obesitas dan memperburuk kondisi penyakit jantung. Oleh karena itulah pastikan pola makan Anda bersifat diet rendah garam dengan jumlah maksimal sekitar 2.300 miligram per harinya alias satu sendok teh.

3.    Minuman Bersoda

Satu botol atau satu kaleng minuman bersoda sebenarnya dapat menjadi musuh dari orang sehat apalagi yang memiliki penyakit jantung. Ini tak terlepas dari kandungan gula di dalamnya yang dipastikan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kadar konsumsi yang disarankan oleh ahli kesehatan dan gizi, karena mampu meningkatkan gula darah Anda. Bahkan orang yang sehat saja bila kerap mengonsumsi minuman bersoda memiliki potensi terkena obesitas, menderita diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. 

4.    Sosis

Daging yang diproses menjadi musuh yang lebih parah dibandingkan daging merah bagi Anda yang memiliki penyakit jantung. Karena selain sosis disinyalir memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi, daging yang melalui proses ini juga tinggi akan kandungan garam. Jadi bila Anda penikmat hotdog maka ini sudah saatnya untuk menghapusnya dari pola konsumsi demi memastikan kesehatan jantung Anda.

5.    Minuman Beralkohol

Konsumsi minuman yang beralkohol sangatlah berhubungan dengan kondisi kesehatan jantung Anda. Mengingat minuman beralkohol dapat memicu kondisi jantung melemah, jantung berdetak tidak beraturan, dan fibrilasi atrium atau irama jantung yang mengalami gangguan. Apalagi bila Anda sudah memiliki penyakit jantung dan tekanan darah tinggi maka konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat berakhir dengan gagal jantung.

6.    Es Krim

Tahukah Anda bahwa satu scope es krim dapat memperburuk kondisi orang yang menderita penyakit jantung? Karena ternyata satu scope es krim yang belum ditambah topping apapun memiliki kandungan 250 hingga 350 kalori dan ini melebihi jumlah lemak jenuh harian yang direkomendasikan dikonsumsi. Di mana setengah dari kalori itu berasal kandungan lemaknya yang tinggi. Oleh karena itu mengonsumsi es krim dapat memicu penumpukan timbunan lemak di arteri Anda. Selain itu es krim juga kaya akan gula yang juga berbahaya bila dikonsumsi dalam jumlah besar bagi penderita penyakit jantung. 

7.    Hindari Makanan dari Refined Grain

Bahan makanan dari refined grain pada dasarnya adalah yang berasal dari biji-bijian dan telah mengalami proses pengolahan yang memicu hilang kulit serta lembaganya. Oleh karena itulah serat, vitamin, dan mineral yang sehat dari produk refined grain banyak yang hilang. Belum lagi refined grain juga cepat diubah menjadi gula di tubuh Anda yang nantinya menjadi lemak dan memicu lemak perut bila dikonsumsi secara rutin. Penumpukan lemak perut ini bagi orang sehat saja disinyalir memiliki hubungan dengan munculnya penyakit jantung. Jenis makanan dari refined grain sendiri yang harus dihindari adalah nasi putih, roti, serta pasta.

Bagi Anda yang khawatir kekurangan asupan kalsium, Anda bisa mendapatkannya secara mudah dengan mengkonsumsi Entrasol Quickstart tiap hari. Kandungan nutrisi tinggi kalsium dan vitamin D di dalamnya membantu Anda untuk meningkatkan kepadatan tulang & gigi sehingga dapat menjalani hari-hari dengan lancar tanpa takut kekurangan kalsium.
Entrasol Quickstart diperkaya dengan Pro-Fit Formula yang mengandung Omega 3 dan Omega 6 serta dilengkapi dengan 12 vitamin dan 3 mineral yang penting bagi tubuh Anda. Jadikan Entrasol Quickstart sebagai sumber kalsium harian yang tinggi dan praktis.