Gejala Umum Kekurangan Kalsium di Tubuh

Tubuh Anda membutuhkan beragam mineral agar berfungsi dengan baik yang di mana salah satunya adalah kalsium. Dari sisi fungsinya sendiri, kalsium merupakan mineral penting yang dalam membentuk dan mempertahankan tulang yang kuat sekaligus memastikan jantung serta otot di dalam tubuh Anda bekerja secara semestinya. Bahkan mineral satu ini juga membantu pembuluh darah di dalam tubuh Anda menyalurkan darah ke seluruh tubuh serta melepaskan hormon tertentu. Melihat banyak fungsinya di tubuh ini, kira-kira apa gejala kekurangan kalsium? Adakah efeknya untuk Kesehatan Anda bila mengalami kekurangan kalsium?

Dari sisi efek negatifnya sendiri jika Anda kurang asupan kalsium, tentu saja menimbulkan gangguan kesehatan. Dari mulai meningkatkan potensi terjadinya osteoporosis, osteopenia, hipokalsemia atau penyakit kekurangan kalsium. Dari sisi efek kekurangan kalsium di tubuh yang paling sering terjadi adalah hipokalsemia.

Pada dasarnya, hipokalsemia terjadi ketika kadar kalsium di darah Anda rendah dan saat Anda mengalaminya terdapat gejala umum yang menjadi indikasinya. Sebelum memutuskan Anda mengalami hipokalsemia, pada dasarnya jika Anda mengalami beberapa gejala yang ada di artikel ini maka ini dapat menjadi indikasi untuk Anda mengkonsultasikan ke dokter untuk pengecekan darah. Apa saja gejala kekurangan kalsium saat hipokalsemia? Berikut ini sejumlah gejalanya.

Gejala Tubuh Kekurangan Kalsium

  • Gangguan di Otot

Salah satu gejala umum yang paling sering terjadi ketika tubuh Anda kekurangan kalsium adalah kram serta kejang di otot. Karena mineral tersebut membantu kontraksi dan relaksasi dari otot. Dari sinilah bila otot Anda kekurangan kalsium maka kemampuannya untuk berfungsi normal tak dapat dipertahankan sehingga inilah yang memicu rasa nyeri, keram, kejang otot, bahkan otot yang melemah.

  • Kesemutan 

Kesemutan merupakan fenomena yang umum terjadi dan bisa dialami oleh siapapun. Tapi bila Anda sudah mengalami kesemutan yang berkepanjangan, maka ini menjadi salah satu gejala tubuh Anda kekurangan kalsium. Biasanya kesemutan akut akibat defisiensi kalsium ini terjadi di bagian kaki dan tangan Anda. Bahkan bila sudah mencapai tingkat ekstrem, kesemutan dapat memicu terjadinya mati rasa.

Mengapa ini bisa terjadi? Pada dasarnya sel-sel di tubuh Anda perlu ditopang kalsium agar mampu bekerja dengan baik dan kondisi kesemutan akut ini biasanya menimpa sel saraf Anda. Di mana akibat kurangnya kalsium, sel saraf mengalami hambatan dalam mengirimkan sinyal serta menginterpretasi sinyal dan inilah yang menyebabkan kondisi ini terjadi pada kaki serta tangan orang yang mengalami kekurangan kalsium di tubuhnya.

  • Mudah Kelelahan

Walau gejala kelelahan juga terjadi di beragam gangguan kesehatan lainnya, kondisi kekurangan kalsium juga masuk ke dalamnya. Mengapa? Karena serat otot serta saraf Anda perlu kalsium untuk berfungsi maksimal. Namun bila terjadi kekurangan kalsium di dalam sel maka ini dapat menyebabkan saraf dan serat otot mengalami pelemahan serta memicu kelelahan.

  • Kulit Kering

Selain untuk estetika, memperhatikan kondisi kulit juga penting dalam memastikan tubuh Anda tidak mengalami kekurangan kalsium. Hal ini dipicu oleh salah satu gejala yang mengindikasikan tubuh Anda mengalami hipokalemia adalah kulit yang kering dan bersisik. Mengingat kalsium juga memiliki peran dalam menjaga Kesehatan kulit dengan menurunkan pH di kulit sekaligus mendukung perlindungan kulit Anda terhadap pencegahan hilangnya kandungan air secara berlebihan. Sehingga bila Anda mengalami kekurangan kalsium di dalam darah maka kulit tak lagi bisa menjaga tingkat pH serta kelembabannya.

  • PMS

Bagi perempuan, mengalami sindrom pramenstruasi atau yang juga dikenal dengan istilah PMS merupakan hal yang lumrah dan memang pemicunya juga ada beragam. Di antara sejumlah pemicu itu, kadar Vitamin D serta kalsium yang rendah juga bisa memicunya. Oleh karena itulah disinyalir demi menghindari PMS, Anda perlu menjaga asupan Vitamin D serta kalsium.

  • Gangguan Irama Jantung

Seperti yang sudah disebut di awal, kalsium merupakan mineral yang juga penting dalam menjaga fungsi jantung agar bekerja secara optimal. Oleh karena itulah jika tubuh Anda mengalami kekurangan kalsium maka terjadi gangguan irama jantung yang tidak normal. Biasanya ini dipicu oleh ketika sel-sel di dalam jantung kurang mendapat pasokan kalsium.

Bagi Anda yang khawatir kekurangan asupan kalsium, Anda bisa mendapatkannya secara mudah dengan mengkonsumsi Entrasol Gold setiap hari. Kandungan nutrisi tinggi kalsium dan Vitamin D didalamnya mampu membantu Anda untuk menjaga kepadatan tulang sehingga dapat menjalani hari-hari dengan lancar tanpa takut kekurangan kalsium. Entrasol Gold juga diperkaya dengan kandungan ekstrak buah zaitun yang dapat menangkal radikal bebas 4x lebih kuat dibandingkan dengan Vitamin C serta bagus untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Dilengkapi dengan Pro-Fit Formula yang mengandung omega 3&6, tinggi serat, vitamin & mineral, serta lebih rendah gula yang penting bagi tubuh Anda. jadikan Entrasol Gold sebagai sumber kalsium harian yang tinggi dan praktis.