Ini Beberapa Penyakit Yang Sering Dialami Orang Tua

Saat memasuki usia senja, tubuh manusia secara alami akan semakin melemah dan mengalami penurunan fungsi organ. Hal ini menyebabkan beberapa penyakit yang terjadi pada lansia dan membuat lansia menjadi kesulitan beraktivitas. Apa saja penyakit yang sering dialami orang tua? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Penyakit Yang Sering Dialami Orang Tua

Arthritis (radang sendi)


Radang sendi adalah salah satu penyakit yang banyak dialami lansia, khususnya di Indonesia. Arthritis atau radang sendi merupakan peradangan yang terjadi pada bagian sendi. Penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri, kekakuan, dan bengkak pada sendi. Kondisi ini dapat menyebabkan ruang gerak lansia menjadi terbatas. 

Alzheimer dan demensia


Demensia atau pikun adalah penyakit yang paling banyak dialami oleh lansia. Sayangnya, banyak orang menganggap ini merupakan hal yang wajar terjadi pada lansia. Padahal demensia atau penyakit Alzheimer bukan bagian dari proses penuaan, melainkan sebuah masalah kesehatan pada lansia. Penyakit ini menyebabkan penderitanya hilang ingatan dan kesulitan berpikir atau membuat keputusan. Hal ini tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Sarkopenia

Sarkopenia adalah kondisi berkurangnya kekuatan dan massa otot yang ditandai dengan penurunan kemampuan fisik. Sarkopenia umum terjadi pada lansia seiring berjalannya proses penuaan tubuh. Namun, kondisi ini tetap bisa dicegah, misalnya dengan rutin melakukan aktivitas fisik atau berolahraga.

Inkontinensia urine


Inkontinensia urine merupakan kondisi di mana seseorang tidak mampu mengontrol proses berkemih sehingga membuat penderitanya sering mengompol. Penyakit ini sangat rentan dialami lansia akibat kekuatan otot di sekitar kandung kemih dan saluran kencing yang melemah seiring bertambahnya usia. Kondisi ini juga bisa terjadi karena adanya gangguan saraf yang mengatur proses berkemih atau karena ada sumbatan pada saluran kemih. 

Katarak


Anda pasti sudah tak asing dengan penyakit katarak bukan? Penyakit ini muncul dengan lingkaran berwarna putih pada lensa mata yang terjadi secara progresif. Lingkaran tersebut akan terus membesar dan menghalangi pandangan mata seiring berjalannya waktu. Penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain merokok, diabetes, dan paparan sinar ultraviolet. 

Penyakit jantung


Risiko mengalami penyakit jantung semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Serangan jantung & gagal jantung rentan dialami oleh lansia akibat dari penumpukan plak yang menyumbat pembuluh darah sehingga menghambat aliran darah jantung. Khususnya pada lansia yang memiliki kadar kolesterol tinggi yang merupakan salah satu faktor risiko seharusnya dapat dikendalikan karena memicu pembentukan plak di pembuluh darah.

Penurunan kemampuan mendengar


Kehilangan kemampuan untuk mendengar merupakan salah satu kondisi yang umum terjadi pada lansia. Biasanya, kondisi ini dialami lansia yang sudah memasuki usia 70 tahun ke atas. Sebagian besar penyebab lansia mengalami kondisi ini adalah presbikusis, yaitu suatu kondisi yang terjadi karena sel-sel rambut kecil di telinga bagian dalam sudah mulai menipis. Untuk mengatasi kondisi ini, lansia dapat menggunakan alat bantu dengar sesuai dengan saran dokter.

Beberapa penyakit yang sering dialami orang tua di atas tentu dapat dicegah sedini mungkin. Untuk meningkatkan kesehatan jantung, Anda bisa mengonsumsi Entrasol Gold atau Entrasol Platinum.
Entrasol Gold merupakan susu tinggi kalsium yang dapat membantu menjaga kekuatan tulang dan memperlambat terjadinya osteoporosis. Susu ini diperkaya dengan ekstrak buah zaitun yang merupakan antioksidan kuat untuk menjaga kesehatan jantung, menangkal radikal bebas 4 kali lebih kuat dari vitamin C, mencegah penuaan dini, dan melancarkan peredaran darah
Entrasol Gold juga dilengkapi dengan serat, omega 3 dan omega 6, serta tanpa tambahan gula agar tubuh tetap aktif dan fit dan Entrasol Platinum merupakan nutrisi tinggi protein (12 gram/saji) yang membantu menjaga massa otot. 

Kesehatan