Olahraga yang Sehat dan Aman untuk Dilakukan Orang Tua

Seiring bertambahnya usia menjadi orang tua bukan berarti dijadikan alasan untuk mengurangi aktivitas dengan hanya berdiam diri saja di rumah. Walau sistem biologi di tubuh orang tua mengalami perubahan sehingga sulit beraktivitas bila dibandingkan orang dewasa pada umumnya, ini tak berarti olahraga tidak memiliki manfaat positif untuk kualitas hidup mereka.

Hal ini dibahas oleh berbagai riset yang dilakukan yang menemukan bagaimana hidup aktif dengan olahraga bisa membuat orang tua lebih sehat, fit, bahkan dari sisi kemandiriannya juga menjadi lebih baik bila dibandingkan dengan para orang tua yang berdiam diri di rumah. Tapi tentu saja tak semua olahraga bisa aman untuk mereka

Terkait hidup aktif untuk orang tua memang sangat disarankan, berdasarkan temuan Harvard Medical School terungkap bahwa olahraga rutin mendorong para orang tua untuk semakin mandiri. Dari mulai berjalan sendiri, mandi, masak, makan, mencuci, bahkan hingga ke kamar mandi bisa dilakukan semua tanpa bantuan orang lain. Tak lupa juga berdasarkan National Council of Aging di Amerika Serikat (AS), olahraga rutin mampu mengurangi 23% potensi orang tua jatuh akibat keseimbangan yang lebih terjaga. Oleh karena itu, bila Anda memiliki kerabat atau bahkan orang tua dengan usia lanjut dan ingin menyarankan olahraga yang sehat dan aman, berikut ini olahraga untuk orang tua yang bisa dicoba.

Olahraga Untuk Orang Tua Yang Bisa Anda Coba

  • Berjalan

Bila Anda bertanya olahraga apa yang sehat dan aman bahkan tak perlu mengeluarkan biaya untuk orang tua maka jawabannya adalah berjalan. Walau terdengar sederhana tapi olahraga ini bukanlah hal yang mudah sebenarnya bagi orang tua apalagi jika berjalan dengan jarak yang jauh. Biasanya ini dipicu oleh tubuh lansia yang cenderung sudah menurun staminanya sehingga mudah lelah atau nyeri sendiri ketika berjalan jauh. Tapi inilah tantangannya, karena dengan rutinitas berjalan maka olahraga ini dapat menjadi solusi hidup aktif yang bisa dilakukan di sekitar rumah Anda.

Pada jurnal yang pernah dipublikasikan di PLOS One disebut bahwa dengan berjalan 10.000 langkah per harinya dapat menurunkan 46% potensi kematian hingga sepuluh tahun ke depan. Tak lupa olahraga sederhana ini juga disinyalir dapat menekan potensi penyakit jantung, stroke, hingga diabetes. Salah satu rekomendasi saat berjalan adalah untuk orang tua mencari lokasi seperti taman atau komplek dan berjalan bersama orang yang seusianya dan tinggal di sekitar hunian Anda. Anda juga bisa berolahraga ringan dengan mengikuti modul yang dipersiapkan oleh entrasol yaitu modul olahraga “30 Minutes Everyday” disini.

  • Aquarobic

Jika orang tua atau kerabat seusia Anda ingin olahraga yang menyenangkan dan dilakukan di kolam renang maka aquarobics alias aerobik air dapat menjadi jawabannya. Karena olahraga aerobik yang bisa dilakukan oleh semua orang ini mengurangi beratnya aerobik pada umumnya. Hal ini dipengaruhi ketahanan dari air yang menghilangkan beban saat olahraga aerobik, sehingga para orang tua yang mengalami radang sendi, atau nyeri sendi lainnya tak perlu khawatir. Aerobik air sendiri memiliki beragam gerakan yang cocok untuk orang tua seperti jogging air, leg lift, push-ups berdiri, hingga arm curls.

  • Yoga Duduk

Selain aquarobics, ada juga olahraga yang cocok dalam meningkatkan kekuatan otot, mobilitas, kesembingan sampai fleksibilitas bagi olahraga tanpa perlu berdiri lama. Olahraga yang satu ini sangat cocok bagi para orang tua yang gemar yoga tapi kesulitan mengikutinya karena terlalu banyak berdiri. Olahraga yang dimaksud adalah yoga duduk yang di mana mendorong para orang tua untuk melakukan gerakan yoga sembari duduk di kursi sehingga tidak terlalu memberikan beban terhadap otot, sendi, serta tulang.

Menariknya, yoga duduk juga sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Dari sisi mentalnya, orang tua jadi lebih mudah bersosialisasi, mengingat yoga duduk biasanya dilakukan bersama-sama dan mayoritasnya merupakan orang dengan usia lanjut. Sehingga tak heran bila olahraga ini mampu menekan depresi hingga membantu orang tua mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. 

  • Pilates

Ini merupakan olahraga yang juga digemari oleh anak muda hingga orang dewasa yang gemar hidup aktif. Bagi orang tua, olahraga ini juga bisa menjadi kegiatan yang sehat dan aman. Karena pilates biasanya menyertakan, matras dan bola pilates yang memang bersifat membal dalam upaya meningkatkan kekuatan di tubuh tapi tidak seberat latihan high-impact konvensional. Apalagi bagi orang tua, pilates yang dilakukan rutin dapat meningkatkan keseimbangan tubuh serta fleksibilitas.

  • Bodyweight 

Bagi orang tua yang masih bisa berdiri lama dan ingin hidup aktif melalui olahraga yang bagus untuk kekuatan otot maka latihan bodyweight dapat menjadi jawabannya. Mengingat saat seseorang memasuki masa usia lanjut maka terdapat potensi mereka akan kehilangan kekuatan otot yang sangat berpengaruh terhadap metabolism di dalam tubu. Salah satu cara untuk mengatasi kondisi atrofi otot ini adalah latihan bodyweight alias beban tubuh. 

Selain tidak membutuhkan alat dan hanya membutuhkan pakaian olahraga serta matras, olahraga ini bisa dilakukan di mana saja. Dari mulai di rumah sampai di gym dengan pelatih khusus. Di mana rekomendasi gerakan bodyweight yang bagus untuk orang tua biasanya terdiri dari step up, bird dog, squats to chair, side lying circles, dan lying hip bridges. Lakukan gerakan ini secara rutin 30 menit setiap hari untuk menjaga kebugaran tubuh orang tua Anda. Selain berolahraga, penuhi nutrisi setiap hari yang tepat untuk menjaga massa otot dan tulang Anda. 

Entrasol Platinum merupakan Nutrisi Tinggi Protein dengan Ekstrak Buah Zaitun. Ekstrak Buah Zaitun dalam Entrasol bagus untuk menjaga kesehatan jantung serta tinggi protein (12gr/saji) untuk menjaga massa otot, tulang, serta menjaga daya tahan tubuh.

Entrasol Platinum juga diperkaya dengan Pro-Fit Advance Formula yaitu omega 3&6, rendah laktosa , vitamin & mineral yang diperlukan oleh orang tua untuk tetap aktif & fit selalu.