Tips Menjaga Kesehatan Fisik, Mental Untuk Orang Tua Agar Selalu Fit

Bagi Anda yang sudah memasuki kategori pre lansia atau lanjut usia maka sejumlah keluhan kesehatan mulai terasa, baik yang bersifat fisik dan mental. Keluhan kesehatan seperti cepat lelah, mudah sakit, badan pegal, tulang dan sendi kaku, stamina yang menurun bahkan kerap mengalami gangguan kecemasan yang berlebihan apabila mendengar kabar yang tidak mengenakkan..

Sehingga tak heran bila sudah memasuki usia 50-60an ada saja penyakit yang dialaminya. Dari sinilah pentingnya menjaga kesehatan orang tua dari sisi fisik serta mentalnya agar mereka selalu fit dan tak dibayangi gangguan kesehatan yang berlebihan.

Mungkin Anda bertanya apa yang dimaksud gangguan kesehatan berlebihan? Sederhanya adalah jika Anda memiliki kerabat atau mungkin orang tua yang sudah berusia 65 ke atas, penyakit sederhana seperti flu biasa saja dapat berujung komplikasi bila keadaan mereka tak dijaga agar selalu fit. Pasalnya, dengan usia tersebut bisa saja terkena infeksi sekunder ketika mereka sakit flu. Dari mulai bronkitis, infeksi sinus, sampai pneumonia, bahkan ini akan semakin parah jika ternyata memang sudah memiliki penyakit seperti asma atau diabetes. Demi mencegah hal-hal ini terjadi, Anda bisa mencoba tips menjaga kesehatan orang tua berikut ini.

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Orang Tua

  1. Saatnya Hidup Aktif

Walau ketika menginjak usia yang beranjak tua, stamina cepat menurut dan mudah lelah, ini bukan menjadi alasan untuk Anda tidak melakukan aktivitas fisik agar tetap aktif & fit. Percaya atau tidak, orang yang rutin berolahraga memiliki kualitas hidup yang jauh lebih baik tanpa banyak mengalami keluhan nyeri-nyeri yang kerap muncul di usia lanjut yang tak berolahraga. Aktivitas fisiknya sendiri sebenarnya cukup dengan berjalan. Berdasarkan riset yang yang dilakukan di Amerika Serikat (AS) dan dipublikasikan di National Library of Medicine, pada orang yang berusia 40 tahun ke atas yang berjalan 8.000 langkah atau lebih per harinya dapat mengurangi 51 persen potensi kematian dari berbagai penyakit bila dibandingkan dengan orang yang hanya berjalan 4.000 langkah per harinya. 

Tentu saja olahraga juga penting dalam menjaga fungsi otot, karena berdasarkan studi dari National Institute on Aging di Baltimore pada tahun 2019, peneliti menemukan hubungan antara aktivitas fisik tingkat sedang dan tinggi dengan fungsi otot di berapapun usia Anda. Dengan olahraga teratur, massa & kekuatan otot pun terjaga. Anda juga bisa berolahraga dengan mengikuti panduan dari Entrasol dengan modul olahraga 30 minutes everyday yang dapat diakses melalui link ini.

  1. Tidur yang Berkualitas

Sebenarnya tidur memiliki peran yang penting agar organ tubuh kita dapat berfungsi dengan normal dalam keseharian. Di mana untuk orang tua setidaknya disarankan tidur sekitar 7-9 jam setiap malamnya dan sayangnya ini terkadang sulit tercapai, apalagi yang sudah menginjak usia lanjut. Padahal efek negatif dari kurang tidur dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda. Dari mulai lebih cepat emosi, mudah lelah, depresi, hingga pelupa dapat masuk ke dampaknya. Bahkan terdapat studi di tahun 2021 yang menemukan indikasi bahwa lansia yang tidak mendapat cukup tidur malam dan siang meningkatkan potensi kematian dalam kurun waktu lima tahun ke depan.

Dari sinilah mengapa sangat penting Dari sinilah mengapa sangat penting untuk memastikan mereka mendapatkan tidur yang cukup. Kuncinya adalah mengikuti jadwal tidur yang teratur dan ini bisa dilakukan dengan membiasakan Anda tidur dan bangun teratur setiap harinya. Misalnya Anda bisa memastikan setiap hari sudah mencoba tidur pukul 9 malam dan tidur siang pukul 13.00. Anda wajib menghindari tidur siang pada sore hari, karena ini dapat membuat Anda semakin sulit tidur malam. Cepat tidur juga bisa didorong dengan Anda berolahraga beberapa jam sebelum jam tidur malam.

  1. Jaga Kesehatan Mental

Orang tua sering sekali menunjukkan gangguan kesehatan mental yang bisa dalam bentuk stres, depresi, mood yang negatif untuk orang sekitarnya, sampai merasakan kesepian. Semua aspek ini bisa dicegah dengan berbagai kegiatan sosial yang Anda pastikan bahwa orangtua Anda lakukan. Dari mulai menjadwalkan dia berkomunikasi dengan keluarga atau kerabat atau teman melalui sambungan telefon atau mungkin mengobrol dengan orang baru saat sedang olahraga ringan. Sedangkan dari stres, ini bisa ditekan dengan meditasi atau mengikuti kelas yoga. Kemudian untuk depresi, ada baiknya berkonsultasi dengan psikiater demi membantu proses pemulihan dari gangguan kesehatan mental tersebut.

  1. Perhatikan Asupan Nutrisi

Banyak dari penyakit yang dialami oleh orang tua bahkan orang dewasa pada umumnya dipicu oleh pola hidup yang tidak sehat dengan makanan serta minuman yang jadi penyebabnya. Oleh karena itulah memilih asupan nutrisi dengan cermat dapat menjadi kunci untuk menjaga kesehatan fisik untuk orang tua agar selalu fit. Di mana salah satu kuncinya adalah perbanyak makan ikan dan sayuran hijau ke dalam pola makan Anda. 

Dari dua aspek di atas tersebut terdapat studi yang mengungkapkan 182 orang tua yang kerap mengalami migrain dapat mengurangi sakit kepalanya dengan menekan konsumsi yang menggunakan minyak sayur dan tinggi mengonsumsi ikan berlemak (salmon, tuna, dan makarel). Sedangkan studi lainnya dengan 1.000 orang tua sebagai responden mengungkap bahwa dengan perbanyak konsumsi sayuran hijau selama lebih dari lima tahun dapat mengurangi penurunan kognitif. Tak luput, Anda juga harus menghindari konsumsi minuman beralkohol serta rokok yang memang diketahui memiliki banyak dampak negatif terhadap kesehatan tubuh.

Untuk tambahan nutrisi bagi orang tua, Anda bisa memilih Entrasol Platinum. Entrasol Platinum merupakan Nutrisi Tinggi Protein dengan Ekstrak Buah Zaitun. Ekstrak Buah Zaitun dalam Entrasol bagus untuk menjaga kesehatan jantung serta tinggi protein untuk menjaga massa otot serta menjaga daya tahan tubuh.

Entrasol Platinum juga rendah laktosa sehingga  nyaman diperut orang tua yang tidak terbiasa minum susu. Entrasol Platinum tersedia dalam dua rasa, yaitu vanilla dan cokelat. Untuk mendapat manfaat optimal, konsumsi Entrasol 2 kali sehari baik dalam kondisi hangat maupun dingin. Cukup tambahkan 4 sendok takar Entrasol Platinum ke dalam 200 ml air matang lalu aduk secara merata.